Sebagai alternatif, investasi properti adalah salah satu opsi yang semakin digemari oleh banyak orang terutama di zaman modern ini. Dengan kecanggihan yang kini tersedia oleh teknologi, investasi dapat berjalan dengan lebih mudah. Ketika menentukan investasi apa yang tepat untuk Anda mulai, coba pertimbangkan investasi properti yang dapat dimulai dengan modal kecil.

Walaupun demikian, Anda harus memastikan bahwa memang telah memiliki dasar pondasi serta pengetahuan yang cukup akan apa itu investasi properti. Oleh sebab itulah kami menyajikan artikel tentang investasi properti. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai ap aitu investasi properti, jenis serta keuntungannya.

Investasi Properti Adalah Modal

Bagi beberapa orang, investasi properti adalah istilah yang familier. Akan tetapi, tidak semua orang paham apa dan bagaimana investasi properti ini dijalankan. Investasi properti adalah bentuk permodalan yang serupa dengan investasi lain.

Investasi ini berkaitan dengan jual beli aset serta menangani aset untuk dapat menghasilkan keuntungan. Sementara properti adalah istilah yang menunjukkan kepemilikan atas hak eksklusif terhadap suatu bangunan atau tanah milik individu maupun badan usaha. Yang membuat berbeda yakni jenis asset yang dikelola antara investasi jenis ini dengan yang lainnya.

Anda perlu untuk mengetahui bahwa investasi properti menjadi salah satu jenis investasi yang mempunyai nilai stabil dan dapat meningkat seiring berjalannya waktu. Banyak yang percaya bahwa investasi jenis ini tidak terlalu beresiko. Tujuan investasi properti yakni untuk memperoleh penghasilan atau peningkatan nilai investasi.

Jenis Investasi Properti

Apakah Anda sudah mengetahui apa saja jenis investasi properti? Memilih jenis investasi properti adalah hal penting yang wajib Anda tentukan di awal bahkan ketika membuat rencana berinvestasi. Walau telah memutuskan untuk memilih properti, namun usaha Anda tidak hanya sampai disitu.

Terdapat banyak jenis properti sehingga Anda harus memilih satu opsi sebagai fokus ketika berinvestasi. Untuk memilih opsi yang tepat, Anda dapat mencari tahu properti apa saja yang memberikan hasil investasi yang menjanjikan bahkan untuk seorang pemula.

1. Investasi Properti untuk Hunian

Rumah hunian merupakan salah satu opsi properti yang banyak dipilih. Pada dasarnya, manusia membutuhkan bangunan baik itu rumah, apartemen, atau apapun yang dapat digunakan untuk tinggal dan menetap. Ini merupakan salah satu investasi properti yang tidak akan mengecewakan.

Ada beberapa aspek juga yang perlu diperhatikan ketika memilih opsi hunian sebagai jenis investasi properti. Salah satunya adalah fasilitas yang disediakan, keamanan serta mudahnya akses transportasi. Contohnya seperti hunian di Grand Wisata Bekasi yang bisa Anda jadikan sebagai opsi investasi jenis properti.

2. Property Equity Crowdfunding

Ketika Anda merencanakan investasi di bidang properti, banyak yang mencari solusi investasi properti murah sehingga tidak terlalu menguras kantong apalagi isi rekening. Apabila memang itu yang sedang Anda cari, maka Anda mungkin akan tertarik dengan property equity crowdfunding. Jenis investasi ini memungkinkan Anda untuk berinvestasi tanpa perlu mengeluarkan uang dengan jumlah besar.

Property equity crowdfunding adalah metode penanaman modal dengan cara pengumpulan dana kolektif atau juga disebut sebagai patungan. Ini berarti Anda membeli properti dengan sistem patungan bersama dengan investor lain yang tertarik pada jenis properti serupa. Para investornya akan memperoleh hasil dalam bentuk dividen dari hasil sewa bulanan properti.

3. Investasi Properti untuk Bisnis

Selain untuk hunian, investasi properti adalah hal yang sangat penting untuk keperluan bisnis. Ini juga dapat menjadi peluang para investor guna melebarkan sayap sehingga memperoleh keuntungan yang besar. Jika tertarik, Anda dapat memilih investasi dengan jenis properti untuk keperluan bisnis.

  • Ruko atau Kios
  • Perkantoran
  • Lahan Parkir
  • Gudang
  • Lahan Kosong untuk Acara

4. Investasi Properti untuk Pemakaman

Memang benar jika telah banyak Tempat Pemakaman Umum di setiap daerah, namun sebagian sudah tidak dapat lagi menampung jenazah baru sebab sudah penuh. Aset properti dapat menjadi prospek bisnis yang cerah apabila ditawarkan sebagai lokasi lahan pemakaman.

5. Investasi Properti untuk Pariwisata

Luasnya sektor pariwisata memberikan peluang terhadap banyak pihak, salah satunya yakni investor properti. Sayangnya, di masa pandemi sektor ini menjadi jatuh bangun. Namun dengan mempunyai properti ini, dapat menguntungkan Anda di sektor pariwisata di masa mendatang.

Indonesia terkenal sebagai negara yang indah dengan destinasi wisata yang tidak diragukan keberagamannya. Tentu ini akan menjadi kesempatan bagi mereka yang berinvestasi properti untuk memperoleh penghasilan pasif apabila memiliki aset properti seperti:

  • Villa
  • Hotel
  • Homestay

Keuntungan Bisnis Properti

Keuntungan investasi properti adalah sesuatu yang harus calon investor pahami sebelum memutuskan untuk memulai. Semua instrumen investasi dapat memberikan berbagai keuntungan, salah satunya yakni jenis properti.

Namun keuntungan tersebut tidak dapat Anda peroleh dalam satu malam sebab investasi properti merupakan bisnis berjangka panjang. Namun, dengan cara dan strategi yang tepat, terdapat beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh bahkan dalam waktu bersamaan. Berikut merupakan beberapa keuntungannya :

  • Harga properti cenderung tidak pernah turun
  • Capital gain cukup besar
  • Tidak terlalu terpengaruh inflasi
  • Dapat menjadi sumber penghasilan pasif
  • Hasil investasi dapat dilihat dan dirasakan langsung
  • Bisa dijadikan agunan atau jaminan
  • Resiko investasi cenderung rendah
  • Kondisi pasar cenderung stabil
  • Memiliki kontrol penuh terhadap properti
  • Cocok untuk investasi jangka panjang

Kerugian Investasi Properti

Tidak ada investasi yang tidak memiliki resiko serta kerugian. Berlaku pula untuk investasi di bidang properti. Namun, Anda tidak boleh hanya berfokus pada kerugian atau kelemahannya saja sebab ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh. Adapun kekurangan dari investasi properti yang perlu Anda ketahui adalah:

·       Harus Ada Dana Perawatan

Bahkan untuk aset seperti rumah yang Anda gunakan sebagai tempat tinggal pun harus memperoleh perawatan yang baik dan tepat. Properti yang Anda pakai sebagai instrumen bisnis juga demikian. Anda harus menyiapkan dana perawatan sesuai dengan jenis properti yang dimiliki.

·       Investasi Properti Bersifat Lokal

Bersifat lokal atau yang berarti investasi hanya dapat dilakukan di satu tempat saja dan tidak fleksibel. Bentuk properti itu sendiri seperti contohnya tanah atau bangungan akan tetapi tidak dapat bergerak. Konsep properti yang sukses di suatu lokasi belum tentu berlaku di lokasi lain.

·       Modal dan Biaya Transaksi Tinggi

Dikarenakan faktor modal, tidak semua orang dapat memilih properti sebagai instrumen investasi. Untuk mempunyai satu aset saja, diperlukan nilai uang yang cukup besar. Belum lagi untuk biaya transaksi ketika nanti Anda mulai menjalankan investasi atau bisnis di bidang ini.

·       Tidak Bersifat Likuid

Tidak dapat dipungkiri apabila properti dapat menjadi sumber penghasilan pasif. Namun, properti bukan merupakan aset yang bersifat liquid. Apabila aset likuid adalah aset yang dapat dikonversi menjadi uang tunai dengan cepat dan mudah, maka properti bukan termasuk salah satunya.

  • Berisiko Hancur Jika Terjadi Bencana

Investasi properti adalah berbentuk fisik yang berada di alam bebas. Yang berarti properti mungkin saja hancur ketika terjadi bencana seperti kebakaran bahkan bencana alam. Untuk tetap mempertahankan nilai dari bangunan bahkan jika rusak akibat bencana, Anda dapat mencari asuransi properti.

Jadi, investasi properti adalah salah satu bisnis yang sangat menguntungkan namun juga memiliki resiko yang besar. Memiliki banyak keuntungan namun juga memiliki beberapa kerugian yang perlu Anda ketahui sebelum mulai masuk ke dunia investasi properti.