Rumah merupakan tempat paling nyaman untuk melepas lelah setelah seharian beraktivitas di luar. Memilih rumah tentu tidak bisa dilakukan sembarangan mengingat fungsinya yang sangat penting. Daripada menyesal di kemudian hari, lebih baik Kamu mempersiapkan segalanya secara matang mulai dari sekarang. Salah satu caranya yaitu dengan mengetahui tips memilih rumah dengan baik.

Memilih rumah memang terasa susah-susah gampang. Hal ini karena setiap orang memiliki selera yang bervariasi dan tidak bisa disamaratakan. Ada yang memilih rumah karena desain yang unik, ada pula yang memilih rumah dengan desain yang simpel. Terlepas dari dua hal itu, memilih rumah memang seharusnya disesuaikan dengan kepribadian masing-masing untuk menciptakan rasa aman dan betah di rumah.

Tips Memilih Rumah yang Nyaman

Tidak perlu khawatir, kami mempunyai solusi terbaik dalam membantu Kamu memilih rumah. Simak beberapa tips memilih rumah berikut yang bisa Kamu lakukan untuk mendapatkan rumah yang nyaman dan pastinya tetap kekinian.

1. Memilih Lokasi yang Strategis

Tips memilih rumah yang pertama adalah lokasi yang strategis. Hal ini karena lokasi rumah tentunya memiliki banyak pengaruh dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Selain dekat dengan lokasi tempat Kamu bekerja, pastikan bahwa rumah yang akan Kamu pilih juga dekat dengan fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, dan fasilitas perekonomian.

Pertama, jika rumah yang Kamu pilih dekat dengan fasilitas kesehatan, tentunya Kamu tidak akan khawatir untuk pergi berobat. Semakin dekat dengan fasilitas Kesehatan, maka waktu tempuh akan semakin cepat dan penanganan juga akan semakin cepat.

Kedua, jika rumah yang Kamu pilih dekat dengan fasilitas pendidikan, tentunya itu akan sangat menguntungkan untuk anak-anak ketika memasuki masa sekolah. Kamu pasti akan lebih merasa aman ketika anak-anak bersekolah di tempat yang lebih dekat dengan rumah. Selain itu, keuntungan waktu berangkat dan pulang yang tidak terlalu lama juga menjadi hal penting untuk mengurangi rasa lelah yang berlebihan.

Terakhir, jika rumah dekat dengan fasilitas perekonomian, tentunya akan sangat menguntungkan saat berbelanja stok dapur yang mulai menipis. Selain lebih cepat sampai lokasi tujuan, biaya ongkos kirim juga akan semakin murah kalau Kamu ingin memilih belanja secara online. Apalagi kalau barang kebutuhanmu banyak, pastinya akan menjadi lebih hemat dalam biaya.

2. Memilih Lokasi yang Aman

Tips memilih rumah yang kedua masih terkait dengan lokasi. Selain ditinjau dari aspek sosial, dalam memilih rumah juga wajib untuk memilih lokasi berdasarkan keamanannya. Keamanan ini dapat dipecah menjadi dua hal penting yaitu aman dari banjir dan aman dari tindak kejahatan.

Banjir akan menjadi momok menakutkan apabila Kamu salah dalam memilih rumah. Banjir yang datang secara tiba-tiba membuat Kamu selalu dihantui perasaan was-was ketika memasuki musim hujan.

Selain merugikan secara material, bekas banjir juga akan menguras banyak tenaga untuk membersihkannya. Untuk itu, Kamu harus bisa memastikan bahwa daerah tersebut bebas banjir dan tidak berada di sepanjang aliran sungai.

Tak hanya itu, dalam memilih rumah Kamu juga harus memperhatikan lingkungan sekitar. Kamu bisa memilih daerah rumah yang memiliki fasilitas penjagaan satpam. Jika tidak, setidaknya Kamu mengetahui bahwa daerah tersebut memiliki agenda rutin seperti ronda malam.

Lokasi sekitar rumah yang terjaga pasti akan membuat seluruh anggota keluarga yang tinggal merasa nyaman dan aman. Tidak ada rasa khawatir untuk beraktivitas bahkan hingga malam hari sekalipun.

3. Memilih Fasilitas Penunjang yang Baik

Tips memilih rumah yang ketiga adalah infrastruktur sekitar. Demi menunjang kenyamanan, tentunya Kamu mendambakan rumah yang memiliki fasilitas memadai. Fasilitas seperti ketersediaan air yang cukup, akses jalan yang lebar dan memiliki penerangan, serta sirkulasi udara yang bersih menjadi penting untuk dipersiapkan sebelum memilih rumah.

Kekurangan air akan berdampak pada banyak hal. Hal ini karena air sangat dibutuhkan untuk kegiatan membersihkan diri, mencuci, urusan dapur, bahkan menyiram tanaman peliharaan.

Akses jalan yang lebar juga sangat penting karena jalan yang sempit akan berpengaruh terhadap mobilitas Kamu dalam beraktivitas. Kami tidak menyarankan kamu untuk memilih rumah di daerah yang memiliki gang sempit. Selain merepotkan dalam hal parkir, gang yang sempit juga rawan terjadi kecelakaan.

Penerangan pun menjadi salah satu aspek penting untuk mendukung jalan yang lebar. Jangan memilih daerah yang minim lampu jalan. Selain rawan kejahatan, jalanan yang gelap juga bisa membuat bulu kuduk berdiri sendiri ketika melewatinya lho!

Selain tiga hal diatas, sirkulasi udara yang memasuki rumah juga harus Kamu perhatikan. Pilih rumah yang memiliki ventilasi yang baik dan tidak berada tepat di area jalan raya. Sirkulasi yang teratur berguna untuk menghindari polusi udara.

4. Memilih Rumah dengan Legalitas Jelas

Tips memilih rumah selanjutnya adalah melihat dari sisi legalitas. Aspek ini memang sangat penting dipelajari sebelum menentukan pilihan rumah. Legalitas berhubungan erat dengan hukum yang berlaku di negara ini. Oleh karena itu, Kamu wajib menelusuri rumah tersebut apakah benar-benar memiliki bukti kepemilikan yang sah atau tidak. Jangan sampai Kamu membeli rumah yang tidak memiliki kekuatan hukum yang jelas ya!

Status rumah yang dibangun di atas tanah sengketa juga harus Kamu hindari karena akan menimbulkan banyak masalah di masa depan. Kamu pastinya tidak akan hidup dengan tenang jika memiliki rumah di atas tanah yang disengketakan. Makan jadi tak enak, tidurpun jadi tak nyenyak.

5. Memilih Pengembang Terpercaya

Tips memilih rumah yang terakhir adalah mengetahui pengembang yang berada dibalik pembangunan rumah. Terdapat dua pilihan ketika akan memilih rumah yaitu membangun dari awal atau menempati rumah yang siap pakai. Meskipun sedikit berbeda, dua pilihan tersebut harus sama-sama memiliki pengembang yang terpercaya.

Kamu bisa melakukan survey terlebih dahulu supaya mendapatkan pengembang yang berkualitas dan dapat dipercaya dalam membantumu memiliki rumah idaman.

Melalui pengembang yang terpercaya, Kamu pastinya akan mendapat rumah dengan desain yang kekinian. Hal ini karena pengembang akan senantiasa melakukan riset pasar dan tak henti-hentinya berinovasi untuk mengikuti selera konsumen.

Jika Kamu berhasil mendapatkan pengembang yang terpercaya, jangan khawatir! Kamu tidak akan kecewa karena properti dari mereka tentu sudah melalui serangkaian proses yang apik dan berkualitas baik. Dengan begitu, Kamu dan keluarga nantinya akan dapat menikmati hidup yang nyaman dan bahagia.

Praktekkan Tips Memilih Rumah di Atas!

Salah satu pengembang yang sudah dipercaya ribuan orang adalah Sinarmas Land dengan salah satu proyek terbaik yaitu kota mandiri Grand Wisata Bekasi. Memiliki tema yang sangat unik dan modern, konsep Live, Play, and Work akan sangat cocok untuk Kamu yang lagi bingung memilih rumah.

Kota mandiri Grand Wisata Bekasi akan menjawab keraguanmu dengan menyediakan fasilitas rumah tinggal, fasilitas rekreasi, maupun komersial yang dapat terpenuhi dalam satu kawasan. Memiliki lokasi strategis dan infrastruktur yang sangat memadai, mulai dari sekolah, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan yang sangat cocok untukmu.

Jangan bingung! Segera kunjungi situs resmi berikut untuk mendapatkan informasi terkini mengenai Kawasan Z Living sekarang juga!