Kalkulator KPR Untuk Simulasi Pinjaman Kepemilikan Rumah di Grand Wisata Bekasi

Kalkulator KPR

Input

Pembayaran Cicilan Bulanan

Penjelasan Tentang KPR Untuk Simulasi Dengan Kalkulator KPR

Kredit kepemilikan rumah atau yang biasa disingkat KPR  merupakan salah satu fasilitas kredit yang diberikan oleh lembaga perbankan kepada seseorang yang menginginkan kepemilikan properti namum tidak memiliki cukup dana tunai sesuai harga properti yang ingin dibeli. Kepemilikan properti bisa dalam bentuk rumah tapak (landed house), apartemen, rumah kantor (rukan), rumah toko (ruko), kavling tanah dan sebagainya.

Mengutip dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), arti KPR adalah suatu fasilitas kredit yang diberikan oleh perbankan kepada para nasabah perorangan yang akan membeli atau memperbaiki rumah (KPR rumah). Walaupun demikian, di masa sekarang program KPR tidak hanya bisa didapatkan dari lembaga perbankan saja tetapi juga disediakan oleh lembaga nonbank.

Secara umum asalkan segala syarat terpenuhi, proses pengajuan KPR sangat mudah. Berbagai lembaga perbankan pasti memiliki produk KPR sebagai salah satu portofolionya. Contohnya saja Bank Central Asia (BCA), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank CIMB Niaga, Bank UOB Indonesia dan lain sebagainya.

Melalui program KPR, pembelian properti akan dibayarkan dulu oleh bank ke pengembang properti, walaupun begitu Anda mungkin perlu menyiapkan uang muka atau down payment (DP) selain perlu mempersiapkan untuk membayar cicilan yang dapat disimulasikan dengan kalkulator kpr.

Jenis-jenis KPR

Sudah banyak bank yang telah menyediakan pinjaman KPR yang bisa calon peminjam pilih sesuai dengan kemampuannya, dan saat ini di indonesia terdapat 2 jenis KPR, yaitu:

KPR Subsidi

KPR subsidi merupakan kredit yang diperuntukkan kepada masyarakat yang memiliki penghasilan menengah ke bawah mengikuti program pemerintah yang bertujuan untuk membantu masyarakat penghasilan menengah ke bawah dalam pemenuhan tempat tinggal. Subsidi yang diberikan biasanya dalam bentuk subsidi peringanan kredit atau subsidi penambahan dana, baik untuk pembangunan atau perbaikan rumah.

KPR Non Subsisi

Untuk KPR Non Subsidi, tanpa terkecuali diberikan kepada seluruh masyarakat dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh bank. Biasanya besaran jumlah pinjaman maupun bunga yang bisa didapatkan berdasarkan kebijakan dari bank yang tersebut.

Mengapa Menggunakan KPR?

Syarat KPR Rumah

Dengan program KPR akan didapat sejumlah keuntungan dalam pembelian properti. Seperti yang dijelaskan di atas, seseorang tidak harus memiliki dana tunai saat ini untuk membeli rumah, tapi cukup hanya dengan uang muka saja sudah bisa memiliki rumah. Dengan demikian rumah bisa dimiliki sekarang dan tidak perlu menabung dulu sampai bisa memiliki rumah suatu saat nanti.

Jangka waktu pinjaman KPR biasanya sangat panjang dan angsurannya beriringan dengan ekspektasi peningkatan penghasilan. Penghasilan merupakan salah satu syarat dalam proses pengajuan KPR. Selain itu ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan untuk memenuhi persyaratan. Ada juga biaya-biaya yang harus disiapkan dalam proses pengajuan KPR seperti:

  • Biaya appraisal.
  • Biaya notaris.
  • Provisi bank.
  • Biaya asuransi kebakaran.
  • Biaya premi asuransi jiwa selama masa KPR.

Syarat Wajib Dalam Pengajuan KPR

Sebelum mengajukan pinjaman KPR ada beberapa syarat dasar yang wajib dipenuhi untuk memastikan pengajuan pinjaman disetujui oleh bank.

  • Pemohon merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia.
  • Pemohon berusia minimal 21 tahun.
  • Pemohon memiliki pekerjaan atau penghasilan tetap sebagai pegawai tetap/wiraswasta/profesional dengan masa kerja minimal 1 tahun (pegawai) atau 2 tahun (profesional/wiraswasta)

Apabila syarat wajib tersebut sudah dipenuhi, bisa dilanjutkan untuk mempersiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan.

  • Fotokopi kartu identitas suami dan istri bisa berupa KTP, Paspor, KITAS, atau KITAP
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Keterangan penghasilan atau slip gaji Laporan keuangan (untuk wiraswasta)
  • Fotokopi surat izin praktek untuk profesional
  • Fotokopi akte perusahaan atau Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Fotokopi rekening koran
  • NPWP pribadi (untuk kredit di atas Rp 100 juta)
  • SPT PPh Pribadi (untuk kredit di atas Rp 50 juta)
  • Salinan sertifikat induk dan atau pecahan (bila membelinya dari developer)
  • Salinan sertifikat (bila jual beli perorangan)
  • Salinan IMB

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Proses Pengajuan KPR

Ada beberapa hal penting yang harus diketahui selain memperhatikan persyaratan dalam proses pengajuan KPR. Apa saja hal-hal penting tersebut? Pastikan sertifikat tidak bermasalah atau sedang dalam sengketa jika membeli dari perorangan. Juga pastikan ada surat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dan sesuai dengan kondisi bangunan yang dijual.

Untuk pembelian melalui pengembang biasanya lebih mudah karena pihak developer sudah menyediakan hal-hal seperti:

  • Izin peruntukan tanah yang meliputi izin lokasi, aspek penatagunaan lahan, dan site plan yang telah disahkah
  • Infrastruktur dan prasarana yang sudah tersedia
  • Kondisi tanah matang
  • Sertifikat tanah minimal Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) atau HGB induk atas nama developer
  • IMB induk

Yang pasti reputasi dari penjual rumah juga harus diperhatian. Bisa dilihat dari rekam jejak penjual, baik perorangan atau pengembang. Transaksi di bawah tangan harus dihidari karena sangat berisiko. Jika rumah yang akan dibeli dalam status jaminan bank, harus dilakukan pengalihan kredit ke bank yang bersangkutan.

Jangan lupa untuk membuat akta jual beli di hadapan pihak notaris dan jangan melakukan transaksi pengalihan kredit atas dasar kepercayaan. Agar diakui oleh bank, tanda bukti transaksi harus dalam bentuk kuitansi yang dibubuhkan materai dan ditandatangai di atasnya.

Bagaimana? Apakah sekarang Anda sudah memahami penjelasan singat tentang KPR dan juga syarat-syaratnya untuk pengajuan? Anda bisa melanjutkan untuk menggunakan kalkulator kpr untuk melakukan simulasi pinjaman KPR.

Di Grand Wisata Bekasi tersedia berbagai produk hunian menarik seperti Cluster Z Living, Cluster Cherry Ville, Garden Hous, Cluster Water Terrace, dan berbagai produk properti lainnya. Silahkan hubungi Yessy di 0812 186 8081 untuk informasi lebih lanjut. Semoga informasi ini bermanfaat!

Produk properti kami harus memiliki added value!

Produk Grand Wisata Bekasi

Kami selalu menghadirkan produk properti dengan added value yang melebihi ekspektasi. Konsep desain yang kami gunakan selalu mempertimbangkan aspek lingkungan, keamanan kenyamanan dan kemudahan. Hunian yang kami ciptakan selalu mempertimbangkan keleluasaan ruangan, keindahan serta tata cahaya dan sirkulasi udara yang optimal.